Etika yang
diberlakukan oleh pengusaha terhadap
berbagai pihak memiliki tujuan-tujuan tertentu. Tujuan etika tersebut harus
sejalan dengan tujuan perusahaan . Di samping memiliki tujuan, etika juga
sangat bermanfaat bagi perusahaan apabila dilakukan secara sungguh-sungguh.
Berikut
ini beberapa tujuan etika yang selalu ingin dicapai oleh perusahaan.
1.
Untunk persahabatan dan pergaulan
Etika
dapat meningkatkan keakraban dengan karyawan, pelanggan atau pihak-pihak lain
yang berkepentingan. Suasana akrab akan berubah menjadi persahabatan dan
menambah luasnya pergaulan. Jika karyawan, pelanggan, dan masyarakat menjadi
akrab, segala urusan akan menjadi lebih mudah dan lancar.
2.
Menyenangkan orang lain
Sikap
menyenangkan orang lain merupakan sikap yang mulia. Jika kita ingin dihormati,
kita harus menghormati orang lain. Menyenangkan orang lain berarti membuat
orang menjadi suka dan puas atas pelayanan yang diberikan, diharapkan mereka
akan mengulangnya kembali suatu waktu.
3.
Membujuk pelanggan
Setiap
calon pelanggan memiliki karakter tersendiri. Kadang-kadang seorang calon
pelanggan. Salah satu caranya adalah melalui etika yang ditunjukkan seluruh
karyawan perusahaan.
4.
Mempertahankan pelanggan
Ada
anggapan mempertahankan pelanggan jauh lebih sulit daripada mencari pelanggan.
Anggapan ini tidak seluruhnya benar, justru mempertahankan pelanggan lebih
mudah karena mereka sudah merasakan produk atau layanan yang kita berikan.
Artinya, mereka sudah mengenal kita lebih dahulu melalui pelayanan etika
seluruh karyawan, pelanggan lama dapat dipertahankan karena mereka sudah merasa
puas atas layanan yang diberikan.
5.
Membina dan menjaga hubungan
Hubungan yang
sudah berjalan baik harus tetap dan terus dibina. Hindari adanya perbedaan
paham atau konflik. Ciptakan hubungan dalam suasana akrab. Dengan etika
hubungan yang lebih baik dan akrab pun dapat terwujud.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar